Sejarah Desa Bulurejo

  16 Maret 2018  |  DESA BULUREJO

Pada zaman dahulu sekitar tahun 1805 di wilayah Kabupaten Banyuwangi selatan tepatnya di Tanah Jawa ujung timur atau biasa disebut Hutan Bulu yang dihuni Binatang Kera, tepatnya untuk Zaman sekarang disebut  Dusun Bulurejo di Komplek Gudang KUD RT 04 / RW 01 yang dulu lebih dikenal dengan sebutan mbah Tunggul Manik dan mbah Srani.

Adapun tujuan dari kelompok itu adalah untuk membuka hutan yang akan dijadikan perkampungan dan lahan pertanian baru untuk kehidupan mereka.

Setelah beberapa tahun mereka bermukim di sana, tepatnya di daerah Pekarangan Lawas saat ini, kelompok itu semakin berkembang , sehingga kemudian terbentuklah sebuah perkampungan yang dipimpin oleh seorang ketua Kampung yang sangat disegani, bernama MUKHTAR ( kepala Kelompok dan selanjutnya disebut Dukuh Krajan, Desa Sembulung Kecamatan Cluring ).

Dibawah pimpinan Mukhtar, perkampungan yang sebelumnya hanya dihuni oleh beberapa Kepala Keluarga saja kemudian kian lama, kian berkembang  sehingga menjadi sebuah perkampungan yang cukup ramai penduduknya dan diberi nama Kampung Bulurejo.

Pemberian nama Bulurejo konon bermula dari asal pohon Bulu yang dihuni binatang Kera dalam Bahasa Jawa berarti “ Suara Kera yang turun di jalan – jalan dan bersuara ramai “. Karena di derah itu selalu terdengar suara Kera dan banyak ( Rejo, Red ) berdeburan di tepi hutan dan jalan, lambat laun nama Pohon Bulu dan Kera yang Rejo kemudian berubah menjadi Bulurejo yang konon ikut Desa Sembulung, Kecamatan Cluring.

Tahun demi tahun, Kampung Bulurejo terus berkembang sehingga kemudian berubah menjadi sebuah Desa yang mandiri dan diberi nama Desa Bulurejo. Setelah berkembang menjadi sebuah Desa, kepemimpinan Desa Bulurejo pada saat itu dipercayakan kepada SOMOREJO dengan sebutan Lurah Bulurejo. Adapun wilayah Desa Bulurejo pada saat itu meliputi wilayah yang sangat luas, yaitu dimulai dari wilayah Pekarangan Lawas hingga wilayah Tambakrejo, ngadirejo I, dan Ngadirejo II.

Lurah Somorejo memimpin Desa Bulurejo, ikut Kecamatan Cluring mulai tahun 1921 sampai dengan beliau meningal dunia pada tahun 1927 dan dimakamkan di Tanah Makam Umum.

Setelah lurah Sumarjo meninggal dunia, kepemimpinan di Desa Bulurejo dipercayakan kepada DULADI. Lurah Duladi memimpin Desa Bulurejo mulai tahun 1927 sampai dengan tahun 1932. Pada tahun 1932 Lurah Duladi mengundurkan diri dari jabatan Lurah, kemudian digantikan oleh DANUREJO sampai dengan tahun 1955.

Setelah Lurah Danurejo mengundurkan diri, oleh masyarakat pada saat itu kepemimpinan Desa Bulurejo dipercayakan kepada M. HARSOMULYO . pada masa kepemimpinan M. Harsomulyo tersebut, tepatnya pada tahun 1965, pusat pemerintahan Desa mengalami Gejolak Politik, yaitu Pejabat Lurah local boleh berpolitik. Pada saat Pemerintahan Lurah M. Harsomulyo ini pula terjadi perpecahan politik, aparat direkrut mengikuti idiologi Lurah Harsomulyo, bagi yang mau ikut.

Selanjutnya pada tahun 1965 Lurah M. Harsomulyo meninggal dunia karena terlibat G 30 S / PKI bersama aparatnya yang ikut ideologinya dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Desa Bulurejo. Setelah Lurah M. Harsomulyo meninggal dunia, kepemimpinan di Desa Bulurejo dilanjutkan oleh Kamituo SUKARTO. Menjabat Kepala Desa Bulurejo mulai pada tahun 1965 sampai dengan beliau meninggal dunia pada tahun 1966 dan dimakamkan di Tempat Pemakan Umum Dusun Bulurejo.

Pada tahun 1966 setelah meninggalnya Lurah Sukarto untuk pertama kalinya Kepala Desa Bulurejo dipilih secara langsung oleh Pemerintahan dengan tatacara diisi karteker melalui tunjukan dari pemerintah yang dijabat oleh kesatuan POLRI bernama DJAMAL.

Pada masa kepemimpinan Djamal dari tahun 1966 sampai bulan Juni 1975 diberhentikan karena terkena masalah, kemudian ditunjuk PLT Kamituwo TAHIR SUWITO

sampai bulan September 1975. Kemudian karena Tahir Suwito berasal dari Polri dikendalikan Polri PJ SAPUAN. Pada bulan Desember 1975. dan bulan itu juga melalui pemilihan dimenangkan PJ Sapuan. Sampai masa jabatan, Sapuan menjabat sebagai Kepala Desa Bulurejo sampai pada tahun 1990. selanjutnya sampai dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa berikutnya pada tahun 1990.

Pada tahun 1990 dilangsungkan Pemilihan Kepala Desa Bulurejo secara langsung yang ke 2 ( dua ) kalinya. Hasil Pilkades tersebut dimenangkan oleh Sdr. Drs. SUTIKNO. Lurah Dr. Sutikno memimpin Desa Bulurejo selama 8 ( Delapan ) tahun. Tepatnya mulai tahun 1990 sampai dengan tahun 1999.

Pada tahun 1999, diadakan kembali Pemilihan Kepala Desa Bulurejo dan saat itu Pilkades dimenangkan oleh TOMPO KASNANTO. Lurah Tompo Kasnanto memimpin Desa Bulurejo mulai tahun 1999 sampai pada tanggal 23 bulan Mei 2007.

Setelah masa jabatan Lurah Tompo Kasnanto habis, jabatan Lurah dijabat oleh PJ MULJANTO, Amd. Pj Muljanto, Amd menjabat sejak bulan Mei 2007 sampai saat ini , masa jabatannya belum habis.

Demikian asal – usul Desa Bulurejo yang bisa digali melalui Sesepuh Desa Bulurejo yang masih hidup dan para okoh masyarakat di Desa Bulurejo. Semoga bisa menjadi pengetahuan dan pengalaman khusunya bagi generasi muda Desa Bulurejo khususnya dan masyarakat Banyuwangi pada umumnya.

Contact Details

  Alamat :   JL. BANGOREJO NO 278
  Email : desabulurejobwi@gmail.com
  Telp. : 085725544316
  Instagram : -
  Facebook : Kantordesa Bulurejo
  Twitter : -


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi